03/05/2024

Majesty.co.id

News and Value

MenPAN-RB: ASN pindah ke IKN akan Huni Apartemen

2 min read
ASN eselon 1 jadi prioritas pindah ke IKN
Desain Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. (Foto: Kementerian PUPR)

Majesty.co.id, Jakarta – Aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Panajem Pasar Utara, Kalimantan Timur, bakal menghuni apartemen, menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Menurut Azwar Anas, hunian apartemen merupakan salah satu item dari kebijakan komprehensif terkait pemindahan ASN ke IKN. Skema pemindahan ASN pun dilakukan secara bertahap.



“Setiap ASN kementerian/lembaga diharapkan mendapat satu unit hunian apartemen maupun rumah dinas. Tempat tinggal tersebut disesuaikan dengan ketersediaannya,” ujar Azwar Anas pada konferensi pers di kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Menurut Anas, ASN pindah ke IKN pada tahap pertama perlu diberikan tunjangan khusus sebagai pionir serta penerapan Smart Government.

Dari aspek kelembagaan dan tata kelola, kata Anas, pemindahan IKN dilakukan secara bertahap yaitu Jangka Pendek, Jangka Menengah, dan Jangka Panjang.

ASN Eselon 1 Jadi Prioritas


Berdasarkan hasil penapisan yang telah dilakukan, lanjut Anas, terdapat beberapa prioritas unit kerja mana saja pada beberapa K/L untuk dipindah secara bertahap.

Prioritas Pertama, terdapat 179 Unit Eselon I dari 38 K/L; Prioritas Kedua, terdapat 91 Unit Eselon I dari 29 K/L; dan Prioritas Ketiga, terdapat 378 Unit Eselon I dari 59 K/L.

“Terkait dengan siapa-siapa saja pegawai ASN yang akan dipindahkan, diatur teknisnya oleh masing-masing K/L yang terkait, dengan mempertimbangkan jumlah hunian yang tersedia dan kompetensi pegawai,” jelasnya.

Kementerian PUPR pindah Pertama ke IKN


Selain soal hunian, Menpan Anas memaparkan bahwa ASN akan mulai pindah ke IKN secara bertahap. Pada Juli 2024, ada sejumlah menteri dan jajaran yang akan mulai pindah ke IKN.

“Salah satunya, kemarin kami sudah ketemu Menteri PUPR yang memang akan pindah pertama bulan Juli 2024,” ujar mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.



Lalu pada Agustus 2024, IKN disiapkan sebagai tempat upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI yang melibatkan sekitar 1.500 personel.

“Kemudian pada September 2024 dilanjutkan dengan pemindahan ASN secara lebih masif. Ada prioritas satu, dua, dan tiga, berapa jumlah eselon I-nya dan seterusnya, semua sudah ada datanya. Tinggal eksekusi saja,” papar Anas.


Sumber: menpan.go.id

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2023 © Majesty.co.id | All Rights Reserved.