04/05/2024

Majesty.co.id

News and Value

Erupsi Gunung Ruang Sulut berstatus Awas! Berpotensi Tsunami

2 min read
Gunung Ruang meletus setelah 20 tahun lebih tak aktif
Aktivitas erupsi Gunung Ruang pada Rabu (17/4/2024). (Foto: Twitter/infomitigasi)

Majesty.co.id – Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) kini berstatus Level IV atau “Awas” pada Rabu (17/4/2024) pukul 21.00 WIB menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM.

PVMBG pun telah mengeluarkan peringatan tsunami terkait status Gunung Ruang.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan, serangkaian erupsi eksplosif Gunung Ruang berpotensi memicu tsunami jika reruntuhan tubuh gunung apo tersebut jatuh ke laut sekitarnya.

“Masyarakat di Pulau Tagulandang khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, lururan awan panas, dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut,” kata Hendra Gunawan dalam siaran persnya, Rabu malam.

Selain itu, erupsi eksplosif Gunung Ruang menimbulkan suara gemuruh, gempa, dan kilatan petir vulkanik.

Dalam beberapa jam terakhir, muntahan abu vulkanik Gunung Ruang mencapai ketinggian 1.800 meter hingga 3.000 meter dari puncak gunung.


Visual erupsi Gunung Ruang yang dipantau dari Pos PVMBG Tagulandang. (Foto: PVMBG)

Ketinggian kolom erupsi cenderung meningkat dengan material erupsi berupa abu disertai lontaran batuan pijar yang mencapai jarak sekitar lima kilometer di Pulau Tagulandang.

Pada periode 1-17 April 2024, PVMBG mencatat jumlah kegempaan di Gunung Ruang sebanyak 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 569 kali gempa vulkanik dangkal, enam kali gempa tektonik lokal, dan 167 kali gempa tektonik jauh.

PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Ruang agar tetap waspada dan tidak memasuki radius enam kilometer dari pusat kawah aktif gunung api bertipe strato tersebut.

“Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius enam kilometer,” tandas Hendra Gunawan.


Sumber: Antara/Siaran Pers PVMBG

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2023 © Majesty.co.id | All Rights Reserved.