04/05/2024

Majesty.co.id

News and Value

Sulsel berambisi Jadi Penghasil Nanas

2 min read
Siapkan lahan 20 ribu hektare
Nanas hasil budidaya Pemprov Sulsel di Kabupaten Barru. (Foto: Humas Diskominfo Sulsel)

Majesty.co.id, MakassarPemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan lahan seluas 20 ribu hektare untuk menjadikan provinsi ini sebagai penghasil nanas terbesar di Indonesia.

Target menjadikan Sulsel sebagai penghasil nanas digaungkan Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin. Program ini dicanangkan setelah Pemprov Sulsel menanam ratusan ribu pohon pisang cavendish.

Bahtiar Baharuddin mengatakan, nanas harus ditanam dalam jumlah besar hingga puluhan ribu hektar. Ia menargetkan, dalam dua tahun ke depan, Sulsel mampu menanam nanas lebih dari 20 ribu hektar.

“Untuk masuk ke skala industri, harus diproduksi massal, jika ingin dibangun pabrik pengolahan nanas misalnya dalam kemasan kaleng,” kata Bahtiar dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/3/2024).

Bahtiar mengungkapkan, lahan tidak produktif di Sulsel sangat luas. Mencapai 2 juta hektar. Ada beberapa kabupaten yang selama ini sudah memproduksi nanas, namun masih skala kecil, hingga 200 hektar. Seperti di Kabupaten Barru, Luwu Utara, Bone dan Sinjai.

“Sulsel memiliki potensi yang sangat besar untuk komoditi nanas ini. Ini harus kita dorong, agar Sulsel bisa menjadi provinsi penghasil nanas untuk skala industri dan memenuhi pasar ekspor,” terangnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Bahtiar telah melakukan penanaman nanas di sejumlah daerah di Sulsel. Salah satunya di Kabupaten Wajo.

Di daerah penghasilan sutera ini, Bahtiar mendorong Desa Palippu sebagai salah satu desa percontohan pengembangan budidaya nanas. (Rilis)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2023 © Majesty.co.id | All Rights Reserved.