ASN Luwu Timur Diminta Terapkan Prinsip 3S Layani Masyarakat
2 min read
Sejumlah ASN mengikuti apel pagi di halaman kantor Bupati Luwu Timur, Senin (14/7/2025). (Foto: Warta Lutim)
Majesty.co.id, Malili – Staf Ahli Bidang Pembangunan Kabupaten Luwu Timur, Rapiuddin Tahir, menekankan pentingnya pelayanan publik yang berkualitas melalui prinsip 3S (Senyum, Sapa dan Salam) saat memimpin apel pagi di Halaman Kantor Bupati, Senin (13/7/2025).
Apel ini diikuti seluruh ASN dan Non-ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.
Dalam arahannya, Rapiuddin menyampaikan hasil survei bersama Sekretaris Daerah, yang menunjukkan masih adanya instansi dengan pelayanan yang dinilai kurang ramah oleh masyarakat.
“Sebagai pelayan publik, kita adalah abdi negara sekaligus abdi masyarakat. Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan nyaman kepada masyarakat,” ujar Rapiuddin.
Rapiuddin memperkenalkan prinsip 3S sebagai pondasi utama dalam membangun pelayanan publik yang aman, nyaman, dan berkesan.
“Hal kecil seperti 3S ini jika diterapkan dengan tulus tentu akan menciptakan suasana yang nyaman dan hubungan yang harmonis antara kita dan masyarakat. Bahkan, mereka tidak keberatan bila harus menunggu lebih lama,” tuturnya.
Tolak Diskriminasi dalam Layanan
Ia juga menegaskan pentingnya memberikan pelayanan tanpa diskriminasi SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan).
“Tidak boleh ada perbedaan dalam pelayanan. Kita telah disumpah untuk melayani seluruh masyarakat secara adil. Semua aspirasi harus kita tanggapi dengan sikap yang sama,” tegasnya.
Rapiuddin berharap seluruh ASN dan Non ASN dapat mengimplementasikan nilai-nilai pelayanan prima dalam aktivitas kerja sehari-hari.
“Marilah kita bangun birokrasi yang ramah, responsif, dan profesional. Sikap dan attitude yang baik adalah kunci utama kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,” tutupnya. (Ril/Adv)
Temukan konten menarik lainnya, follow Tiktok