03/05/2024

Majesty.co.id

News and Value

Lima Hal yang Perlu Anda Lakukan sebelum Menikah

3 min read
Menikah punya definisi dan pemaknaan tersendiri bagi setiap orang

Ilustrasi pernikahan. (Pexels)

Majesty.co.id – Menikah menjadi momen sakral bagi hampir setiap orang. Sebagian lagi menganggap menikah sebagai ibadah terpanjang dan dilakukan hanyasekali seumur hidup.

Menikah punya definisi dan pemaknaan tersendiri bagi setiap orang. Mempersiapkan banyak hal sebelum menikah, penting untuk dilakukan agar mencegah masalah yang timbul saat hidup berumah tangga.

Berbagai hal yang harus dilewati untuk menambah kedewasaan hingga akhirnya siap untuk menikah, apalagi bagi para perempuan. Seperti dilansir Fimela dari purewow, berikut 5 hal yang harus dilakukan sebelum menikah:

1. Kenali Pasangan Saat Bertengkar

Para ahli sepakat bahwa saat memasuki pernikahan dengan mengetahui pasangan sepenuhnya saat menangani konflik adalah kunci pernikahan yang sukses.

Setiap pasangan, bahkan yang paling cocok, kadang-kadang memiliki perbedaan pendapat, dan kesalah pemahaman. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Walfish. Karenanya, alangkah lebih baik sebelum menikah kenali pasangan saat bertengkar dan bagaimana ia mengatasinya.

2. Belajar Memasak

Belajarlah memasak dengan resep-resep sederhana terlebih dahulu. Tidak semua dalam rumah tangga menuntut perempuan harus bisa memasak, tapi dengan belajar dan bisa berarti kamu memudahkan hidup kamu sedikit lebih banyak. Contohnya, ketika kamu, pasangan, atau anak lapar di tengah malam maka bisa membuatkannya makanan walau sederhana.

Ilustrasi memasak. (Pexels)

3. Bangun Hobi

Hobi bukan hanya membuat kamu lebih menarik melainkan sebagai ruang untuk diri sendiri. Sebaiknya sebelum menikah, kamu mulai membangun hobi yang paling disukai. Seperti, berlari, menulis, hingga yoga. Kegiatan tersebut juga berguna untuk meredakan ketegangan dan stres dalam hidup. Tentunya agar kamu dan pasangan menjadi lebih baik dalam menjalani kehidupan.

4. Siapkan Dana Darurat

Menikah bukan sekadar perkara cinta dan perasaan suka. Setiap pasangan yang memutuskan menikah, harus mempertimbangkan kesiapan dana darurat selain pendapatan bulanan.

Dana darurat penting saat berumah tangga. Tidak jarang ada masalah yang tiba – tiba terjadi dan itu membutuhkan suntikan financial pasca menikah.

Misal, pasangan Anda tiba – tiba sakit, dana darurat minimal ini dapat men-cover keperluan tersebut. Jika perlu, sebelum menikah, Anda harus mulai menyiapkan tabungan darurat juga dana pendidikan untuk buah hati kelak.

5. Bicara dari Hati ke Hati

Mengajak pasangan bicara dari hati ke hati sebelum menikah menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Ajak pasangan untuk menyampaikan isi hati di luar perasaan kalian berdua.

Sebisa mungkin menyampaikan hal yang sifatnya sensitif. Mulai dari hal – hal Anda tidak inginkan terjadi pasca menikah, ataupun soal konsep rumah tangga apa yang Anda akan bangun.

Jangan menyembunyikan sesuatu dari pasangan sebelum Anda menikah. Semua dapat dikomunikasikan. Mulai dari hati ke hati.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus dilakukan sebelum masuk pada jenjang pernikahan. Semoga bermafaat!

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright 2023 © Majesty.co.id | All Rights Reserved.