Wali Kota Makassar Sidak Kantor Camat Tamalate, Prihatin Kondisi Fasilitas
2 min read
Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin di kantor Camat Tamalate. (Foto: Istimewa)
Majesty.co.id, Makassar — Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pusat layanan masyarakat di wilayah Kecamatan Tamalate, Kelurahan Barombong dan sekitarnya, Selasa (27/5/2025).
“Pagi ini, saya melakukan sidak dimulai dari Kantor Camat Tamalate, kemudian berlanjut ke Kantor Lurah Barombong dan Kantor Lurah Sambung Jawa. Selain itu, tim juga menyambangi Puskesmas Barombong dan SDN Barombong,” jelas Appi—sapaan akrab Munafri.
Sidak ini dilakukan guna memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan sesuai standar operasional. Munafri menegaskan bahwa kehadirannya di lapangan bertujuan untuk melihat langsung kinerja pegawai serta mengevaluasi sarana dan prasarana layanan publik.
“Kita ingin memastikan semua perangkat pelayanan publik benar-benar hadir melayani masyarakat secara optimal. Ini bagian dari komitmen kami meningkatkan kualitas pelayanan,” ujarnya.
Dari hasil sidak, ditemukan sejumlah catatan yang akan segera ditindaklanjuti, mulai dari perbaikan fasilitas hingga peningkatan kedisiplinan aparatur sipil negara.
Dalam kunjungannya, Appi menyoroti kondisi fasilitas layanan yang dinilai masih jauh dari ideal.
“Kami melihat langsung fasilitas di kantor camat, puskesmas, hingga SD di sekitar sini. Memang fasilitasnya perlu perhatian ekstra sehingga harus segera dibenahi,” tegasnya usai sidak.
Sidak ini merupakan bagian dari upaya evaluasi rutin sekaligus bentuk komitmen Pemerintah Kota Makassar dalam membangun kepercayaan publik terhadap pelayanan yang diberikan.
Selain kondisi fisik, kebersihan dan tampilan kantor pelayanan publik juga turut menjadi sorotan.
“Tampilan kantor kurang bersih. Ini harus butuh effort ekstra agar bisa memperlihatkan bahwa pelayanan pemerintah itu harus berada di tempat yang bersih, sehat, dan nyaman bagi semua,” lanjutnya.
Munafri juga menekankan pentingnya pelayanan yang ramah, cepat, dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.
“Tentu pelayanan ke masyarakat penting, menjadi tugas kita ke depan untuk terus memperbaiki sistem layanan publik agar makin responsif dan profesional,” tegasnya. (Ril/Adv)
Temukan konten menarik lainnya, follow Tiktok